Ketua KPU Kabupaten Kupang : Anggota DPRD Aktif Asal PKPI Wajib Mundur

Oelamasi, KI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang memberikan penegasan terkait anggota DPRD aktif yang partainya tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Menurut Ketua KPU Elyaser Lomi Rihi, Sabtu (13/05/2023) di Oelamasi bahwa terhadap anggota DPRD aktif asal PKPI yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024 wajib membuat surat pengunduran diri kepada PKPI dan juga kepada partai baru yang menjadi kendaraan politiknya di Pemilu mendatang.

“Sesuai ketentuan yang diatur dalam peraturan KPU bahwa terhadap anggota DPRD aktif yang Parati pengusung sebelumnya tidak lagi menjadi peserta pemilu 2024, dan jika mereka mau diusung oleh partai sekarang maka mereka wajib menyampaikan surat pengunduran diri kepada partai lama dan juga disampaikan kepada partai pengusung,”jelas Ketua KPU Elyaser Lomi Rihi.

Terkait berkas administrasi pendaftaran sebagai Caleg dari partai baru, Ketua KPU menegaskan bahwa KPU pada dasarnya akan menerima, KPU pada tahapan verifikasi administrasi kan mengetahui kebenarannya.

Baca Juga  Jasa Raharja Cabang NTT Gelar Pengobatan Gratis dan Pembagian BingkisanĀ 

“Soal dokumen sistemnya kita menerima dulu, soal kebenarannya itu pada saat verifikasi,”tutupnya.

Untuk diketahui bahwa Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan tidak lolos sebagai peserta pemilu tahun 2024, sementara PKPI memiliki tiga orang anggota DPRD periode 2019 – 2024 yakni Samuel Koroh, Albert Lololau dan Daud Ulu. (Jessy)

0 Today: 0 Total: 914877

Komentar