SIMAK! Program Kades Oesusu Untuk Pelajar SMP dan SMU/SMK

Oelamasi, KI – Kepala Desa Oesusu Kecamatan Takari Kabupaten Kupang – NTT membuat program untuk seluruh para siswa SMP dan SMU/SMK.

Pelajar SMP dan SMU/SMK di Desa Oesusu setiap harinya harus berjalan kaki menuju sekolah. Jarak yang harus ditempuh para pelajar putra putri Desa Oesusu ke sekolahnya sekitar 5 – 6 kilometer.

Kepala Desa Oesusu Dani Novianto Tauho, Kamis (03/02/2022) di Desa Oesusu mengatakan, pelajar dari dusun 4 dan dusun 5 setiap hari harus menempuh jarak jauh menuju sekolah dengan berjalan kaki.

Untuk itu, langkah yang ditempuh pemerintah desa yakni menyediakan dana transportasi bagi seluruh pelajar SMP dan SMU/SMK yang bersumber dari Dana Desa.

Setiap pelajar kata dia diberikan dana sebesar Rp. 10.000 per orang per hari untuk biaya transportasi. Dana itu tidak diberikan kepada masing – masing pelajar.

Baca Juga  Kodim 1604/Kupang Berhasil Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Dana transportasi yang dialokasikan dari Dana Desa tahun anggaran 2022, pemerintah desa akan membayar mobil khusus yang ditugaskan mengantar dan menjemput para pelajar di sekolah masing – masing.

Ia mengambil langkah ini untuk mempersingkat waktu pergi dan pulang sekolah dengan harapan para siswa dapat belajar dengan nyaman serta tidak terlambat masuk atau pulang sekolah.

“Program ini khusus untuk pelajar SMP, SMU/SMK yang jarak sekolah cukup jauh. Apalagi yang dari dusun 4 dan 5 cukup jauh. Kalau SD sudah dekat,”Ujarnya.

Bukan hanya itu, ada langkah lain yang ditempuh pemerintah desa untuk warga khususnya anak – anak.

Ia mengatakan, data yang dimiliki desa Oesusu bahwa sekitar 316 anak belum memiliki Akta Kelahiran. Ada pula warga yang belum miliki KTP dan Kartu Keluarga.

Baca Juga  Launching Majalah Warta Kesehatan, Mimpi Dinkes Terwujud

Langkah yang ditempuhnya adalah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kupang untuk memberi pelayanan administrasi kependudukan di desanya

Terbukti hari ini tanggal 03 Februari 2022, Dinas Dukcapil turun ke Desa Oesusu untuk melayani warganya membuat Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Kartu Keluarga dan perekaman e-KTP.

Untuk Akta kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian langsung diterima, sementara Kartu Keluarga dan e-KTP hanya dilakukan perekaman saja, warga dapat mengambilnya langsung ke Dukcapil.

Kepala Desa Oesusu Dani Novianto Tauho juga menginisiasi untuk dilaksanakan penyuluhan hukum bagi seluruh Kepala Desa di Kecamatan Takari Bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang.

“Kita jangan takut dengan jaksa, kita harus bermitra dengan kejaksaan,”Tutupnya. (Jessy)

0 Today: 0 Total: 914634

Komentar